Kamis, 04 Januari 2018

Pulang

Tak terasa sudah 7,5 tahun diriku merantau, tidak sekolah di dekat rumah sendiri. Memang tidak full selama bertahun-tahun ini aku tidak pernah pulang ke rumah sendiri. Setiap tahun pasti pernah pulang. Nah, di saat setiap pulang itulah pasti selalu ada hal yang berbeda.

Selalu ada hal baru yang kutemukan di daerah sekitarku setiap aku pulang. Rumahku memang secara administratif berada di kota namun letaknya sangat di pinggir. Sejak dibuka pintu tol di kecamatanku, maka hal-hal yang baru seiring muncul berjamuran. Dari Hoka-Hoka Bento, KFC, hingga Gold Standard dan masih banyak lagi yang membuatku bertanya, apakah rumahku pindah ke kota besar atau kota itu sendiri yang membesar?

Sebagai perantau dari rumah sendiri selama bertahun-tahun, hal yang mungkin terasa aneh adalah lebih hafal jalan dan daerah di perantauan dibanding jalan dan daerah di rumah sendiri. Saat berjalan-jalan bersama teman lama kadang baru paham, "Ternyata bisa lewat sini ya."

Namun, hal itu tak membuat diriku menyesal. Ada keindahan tersendiri dalam merantau, terutama saat pulangnya. Saat pangling melihat tetangga sekitar yang dahulu mereka masih kecil sekarang sudah remaja, pangling melihat lingkungan sekitar yang dahulu banyak lapangan bola dan kebun sekarang sudah menjadi perumahan, pangling melihat kucing yang dulu mungil sekarang sudah menjadi pejantan tangguh.

Semoga yang sedang pulang dapat pulang dengan menemukan keindahan pulang versinya sendiri.

Jatiasih, 4 Januari 2018
Bukhori Ahmad Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

/