Jumat, 12 Januari 2018

Ada percakapan menarik antara seorang hamba dengan Allah di hari kiamat. Maknanya sangat dalam. Mari kita simak.

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih Muslim nomor 2569 bahwa Abu Hurairah menceritakan Rasulullah bersabda seperti ini. (Hadis Qudsi)

Allah berfirman di hari kiamat, "Wahai anak, Aku sakit tapi kamu tidak menjenguk-Ku."

Maka hamba itu menjawab, "Ya Rabbku, bagaimana aku menjengukmu sakit padahal Engkau adalah Rabb Semesta Alam?"

Allah berfirman, "Apakah kamu tidak tahu bahwa ada hamba-Ku sakit bernama Fulan* lalu kamu tidak menjenguknya. Apakah kamu tidak tahu apabila kamu menjenguknya maka kamu akan temukan Aku di sisinya."

"Wahai anak Adam, Aku meminta makanan padamu lalu kamu tak memberi-Ku makan."

Maka hamba itu menjawab, "Ya Rabbku, bagaimana aku memberi-Mu makan padahal Engkau adalah Rabb Semesta Alam?"

Allah berfirman, "Apakah kamu tidak tahu ada hamba-Ku bernama Fulan meminta makan kepadamu lalu kamu tidak memberinya makan. Apakah kamu tidak tahu apabila kamu memberinya makan maka kamu akan temukan pahala dari sisi-Ku."

"Wahai anak Adam, Aku meminta minum padamu tapi kamu tidak memberi-Ku minum."

Maka hamba itu menjawab, "Ya Rabbku, bagaimana aku memberi-Mu minum padahal Engkau Rabb Semesta Alam?"

Allah berfirman, "Apakah kamu tidak tahun ada hamba-Ku bernama Fulan meminta minum kepadamu lalu tidak kamu beri minum. Apakah kamu tidak tahu apabila kamu beri dia minum maka kamu akan temukan pahala dari sisi-Ku."

*Dalam bahasa Arab jika tidak ingin menyebut nama orang cukup gunakan kata Fulan. Kalau di bahasa matematika mungkin adalah X.

Yuk kita bantu ibu ini, barangkali kita dapat temukan Allah di sisi ibu ini 😊 

Tentu bukan makna hakiki yang dimaksud. Ulama menjelaskan yang dimaksud dengan "kamu temukan Aku di sisinya" adalah kamu akan temukan pahala dan kemuliaan Allah dengan melakukan amalan-amalan tersebut. Subhanallah. Mahasuci Allah dari sifat sakit, meminta makan dan minum.

Jatiasih, 12 Januari 2018
Bukhori Ahmad Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

/