Selasa, 03 Januari 2017

eF Ka (Part 1)

Belum terbayang beberapa tahun yang lalu diriku sekarang berkuliah di fakultas kedokteran. Sungguh kita tidak tahu masa depan bagaimana. Dahulu yang terbayang di benak diriku adalah kuliah di fakultas yang banyak keluarga sudah pernah mengecap di sana. Ternyata tidak sama, yang kurasakan sekarang tidak seperti dengan cerita mereka. Oleh karena itu sekarang diriku ini mau berbagi apa yang sekarang kurasakan.
Sistem perkuliahan di program studi kedokteran di universitas-universitas yang ada di Indonesia tentu satu sama lain tidak persis sama. Nah, sekarang diriku ingin bercerita apa yang dirasakan dari sistem perkuliahan di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sebelum kita bahas sistem kuliah di FK, biasanya di dunia perkuliahan pada umumnya di awal semester mahasiswa akan menentukan rencana studinya untuk satu semester ke depan dengan mengisi kartu rencana studi (KRS). Yang kutahu di jurusan lain, apabila sudah mengambil mata kuliah yang ada dengan jadwal tertentu (contoh: Senin 7.50-9.30) maka selama satu semester jadwal kuliahnya sepanjang semester itu akan sesuai dengan jadwal mata kuliahnya (jadwal pekanan). Jadi bisa saja dia saat mengisi KRS memilih mata kuliah yang ada di hari yang dia inginkan (sesuai persediaan) sehingga hari tertentu dia libur (tidak ada jadwal kuliah).
Nah berbeda dengan jurusanku, mata kuliahnya bukanlah terjadwal pekanan jadi tidak ada jadwal pekanan yang tetap. Setiap pekan akan terus ada jadwal baru. Sistem perkuliahan di sini adalah blok. Jadi dalam satu blok kita belajar topik tertentu dengan pembahasan dari pelbagai disiplin ilmu. Contohnya blok syaraf (padahal diriku belum sampai situ hehe), kita akan belajar struktur anatomisnya, struktur jaringannya (histologi), cara kerjanya (fisiologi), penyakit-penyakitnya (patologi), obat-obatan yang terkait (farmakologi), dan masih banyak lagi tergantung sedang membahas blok apa. Satu blok terdiri dari 3 skenario tutorial, beberapa kuliah penunjang, beberapa praktikum di laboratorium (tergantung blok apa), dan ditempuh dalam waktu tiga pekan. Setiap usai dua blok maka akan diadakan ujian blok (UB) selama dua pekan. Hal itu berulang hingga persemester selesai empat blok.
Perkuliahan tidak hanya ditempuh dari blok saja, namun juga dari course, skills lab, dan field lab. Lanjut bahas di post selanjutnya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

/